SEJARAH ISLAM DI WAJO
-
Wajo menerima Islam sebagai agama resmi kerajaan ditahun
1609, maka Arung Matoa La Sangkuru meminta agar Datuk Patimang di Luwu agar bersedia
mengajarkan Islam. Datuk Patimang kemudian diangkat menjadi Qadhi (Kali)
pertama di Wajo. Maka disusunlah struktur Parewa Sara' mulai
dari Khatib, yaitu La Mallalangeng, Imam, Bilal, Doja dan Amil. Demikian pula
tugas masing-masing jabatan lengkap dengan penghasilan pertahun.
Namun Datuk Pattimang ingin kembali ke Tanah Luwu melanjutkan
dakwahnya. Sehingga Arung Matoa meminta pada Sultan Alauddin agar kiranya
dikirimkan Datuk ri Bandang untuk menggantikan posisi Datuk Patimang. Sultan
Alauddin mengiyakan. Kemudian diangkatlah Datuk ri Bandang menjadi Qadhi
kedua di Wajo. Setelah beberapa lama, Datuk ri Bandang hendak ke Luwu .
Beliau bersama
Arung Matoa serta perangkat Adat Wajo berkumpul untuk membahas pengganti Datuk
ri Bandang. Dalam Lontara Sukkuna Wajo (LSW) disebut
"naengka
mungking riaseng To Lanca iyana najello dato i bandang sullei kali, kuniro rita
akkuwallinna dato' nasaba iya To Lanca mukingwi.”
(dan ada seorang mukim bernama To Lanca dan dialah yang
ditunjuk oleh Datu ri Bandang menggantikannya sebagai Qadhi, disitulah dilihat
kewalian Datuk sebab To Lanca adalah seorang Mukim).
Sehingga
diangkatlah To Lanca sebagai Qadhi ketiga. Dengan disebutkannya kata Muking
(Mukim) berarti To Lanca bukan penduduk setempat. Namun dilihat dari namanya,
To Lanca adalah nama khas Sulawesi. Kemungkinan besar beliau adalah orang Wajo
yang tidak berdomisili di Tosora, atau dari kerajaan lain di Sulawesi Selatan
(bisa jadi Luwu) yang berdomisili di Tosora mengikuti rombongan Datuk Patimang.
To Lanca
melanjutkan apa yang telah Datuk Patimang dan Datuk ri Bandang lakukan.
Terutama tentang ibadah dan syariat. Kutipan pesan Datuk ri Bandang pada To
Lanca apabila ada Arung Matoa, Ranreng dan Pabbate Lompo meninggal adalah
sebagai berikut :
Makkedatoi Dato I Bandang, o To Lanca issengngi kasiwiyangna
gurue,
narekko matei arungmatoae, ranrengnge, bate lompoe, lattu ri
ana mattolae,
solo kasiwiyangngi asenna gurue.
Bettuanna mupokasiwiyangngi menre e katte'na bilala'na
mangaji angka tellumpennie,
mauko tennaobbi, mauko tennapanre,
tempeddittokko temmenre angka tellumpennie.
Iyana riaseng mangajikasiwiyang.
Mupowassalangngi narekko tennamupigaui.
Narekko leppe'ni tellumpenni, mangajisolosiko patampenni,
napanre ko kiya.
Iya sanra siseng beppa, mujagatoiwi abbacadoangenna ri
tellumpenninna, ri patampenninna,
ri duapitunna, dipatappulona risiratuna.
Iyakiya sipulungko ri narekko riwettunna riabbacadoangenna ri
masigi'e. Mutajengngi surona, mupowassalangngi rekko de muwenre
Berkata pula
Datuk ri Bandang. Oh To Lanca, ketahuilah ibadahnya guru.
Apabila Arung
Matoa, Ranreng, Batelompo hingga putra mahkota meninggal
Solo Kasiwiyang
namanya
Artinya, engkau
mengibadahkan naik khatib dan bilal mengaji hingga tiga malam
Apakah engkau
tidak dipanggil atau tidak diberi makan,
engkau tidak
boleh tidak naik hingga tiga malam
Inilah yang
disebut mengibadahkan (pahala) mengaji
Engkau bersalah
jika tidak engkau lakukan
Apabila lepas
tiga malam, Mangajisolo lagilah dimalam keempat, tapi engkau harus dijamu
Dijamu dengan
kue. Engkau jaga baca doa dimalam ketiga, malam keempat
malam keduapuluh
tujuh, malam keempat puluh dan malam seratus
Tetapi
berkumpullah di mesjid pada waktu membacakan doa. Engkau menungguh utusannya
Engkau salahkan dirimu bila tidak naik
(melakukannya)
http://www.diskusilepas.com/2014/04/to-lanca-qadhi-ketiga-wajo.html#sthash.0zVDOJVg.dpuf
Wajo menerima Islam sebagai agama resmi kerajaan ditahun
1609, maka Arung Matoa La Sangkuru meminta agar Datuk Patimang di Luwu agar bersedia
mengajarkan Islam. Datuk Patimang kemudian diangkat menjadi Qadhi (Kali)
pertama di Wajo. Maka disusunlah struktur Parewa Sara' mulai
dari Khatib, yaitu La Mallalangeng, Imam, Bilal, Doja dan Amil. Demikian pula
tugas masing-masing jabatan lengkap dengan penghasilan pertahun.
Namun Datuk Pattimang ingin kembali ke Tanah Luwu melanjutkan
dakwahnya. Sehingga Arung Matoa meminta pada Sultan Alauddin agar kiranya
dikirimkan Datuk ri Bandang untuk menggantikan posisi Datuk Patimang. Sultan
Alauddin mengiyakan. Kemudian diangkatlah Datuk ri Bandang menjadi Qadhi
kedua di Wajo. Setelah beberapa lama, Datuk ri Bandang hendak ke Luwu .
|
Beliau bersama
Arung Matoa serta perangkat Adat Wajo berkumpul untuk membahas pengganti Datuk
ri Bandang. Dalam Lontara Sukkuna Wajo (LSW) disebut
"naengka
mungking riaseng To Lanca iyana najello dato i bandang sullei kali, kuniro rita
akkuwallinna dato' nasaba iya To Lanca mukingwi.”
(dan ada seorang mukim bernama To Lanca dan dialah yang
ditunjuk oleh Datu ri Bandang menggantikannya sebagai Qadhi, disitulah dilihat
kewalian Datuk sebab To Lanca adalah seorang Mukim).
Sehingga
diangkatlah To Lanca sebagai Qadhi ketiga. Dengan disebutkannya kata Muking
(Mukim) berarti To Lanca bukan penduduk setempat. Namun dilihat dari namanya,
To Lanca adalah nama khas Sulawesi. Kemungkinan besar beliau adalah orang Wajo
yang tidak berdomisili di Tosora, atau dari kerajaan lain di Sulawesi Selatan
(bisa jadi Luwu) yang berdomisili di Tosora mengikuti rombongan Datuk Patimang.
To Lanca
melanjutkan apa yang telah Datuk Patimang dan Datuk ri Bandang lakukan.
Terutama tentang ibadah dan syariat. Kutipan pesan Datuk ri Bandang pada To
Lanca apabila ada Arung Matoa, Ranreng dan Pabbate Lompo meninggal adalah
sebagai berikut :
Makkedatoi Dato I Bandang, o To Lanca issengngi kasiwiyangna
gurue,
narekko matei arungmatoae, ranrengnge, bate lompoe, lattu ri
ana mattolae,
solo kasiwiyangngi asenna gurue.
Bettuanna mupokasiwiyangngi menre e katte'na bilala'na
mangaji angka tellumpennie,
mauko tennaobbi, mauko tennapanre,
tempeddittokko temmenre angka tellumpennie.
Iyana riaseng mangajikasiwiyang.
Mupowassalangngi narekko tennamupigaui.
Narekko leppe'ni tellumpenni, mangajisolosiko patampenni,
napanre ko kiya.
Iya sanra siseng beppa, mujagatoiwi abbacadoangenna ri
tellumpenninna, ri patampenninna,
ri duapitunna, dipatappulona risiratuna.
Iyakiya sipulungko ri narekko riwettunna riabbacadoangenna ri
masigi'e. Mutajengngi surona, mupowassalangngi rekko de muwenre
Berkata pula
Datuk ri Bandang. Oh To Lanca, ketahuilah ibadahnya guru.
Apabila Arung
Matoa, Ranreng, Batelompo hingga putra mahkota meninggal
Solo Kasiwiyang
namanya
Artinya, engkau
mengibadahkan naik khatib dan bilal mengaji hingga tiga malam
Apakah engkau
tidak dipanggil atau tidak diberi makan,
engkau tidak
boleh tidak naik hingga tiga malam
Inilah yang
disebut mengibadahkan (pahala) mengaji
Engkau bersalah
jika tidak engkau lakukan
Apabila lepas
tiga malam, Mangajisolo lagilah dimalam keempat, tapi engkau harus dijamu
Dijamu dengan
kue. Engkau jaga baca doa dimalam ketiga, malam keempat
malam keduapuluh
tujuh, malam keempat puluh dan malam seratus
Tetapi
berkumpullah di mesjid pada waktu membacakan doa. Engkau menungguh utusannya
Engkau salahkan dirimu bila tidak naik
(melakukannya)
http://www.diskusilepas.com/2014/04/to-lanca-qadhi-ketiga-wajo.html#sthash.0zVDOJVg.dpuf
Komentar
Posting Komentar